Hujan dan Jalanan yang Basah

April 12, 2017







Hal yang bisa bikin hati tenang itu bisa dateng darimana aja. Termasuk dari hal kecil kayak ngeliatin jalanan basah karena hujan. Dan ngeliatin jalanan yang basah karena air hujan itu jadi salah satu hal yang bikin aku tenang. Suka banget pokoknya sama pemandangan itu. Ada perasaan sejuk yang bisa bikin betah ngeliatin jalanan basah lama-lama. Tapi kalau banjir itu beda lagi ya ceritanya.


Salah satu kombinasi indah yang tidak sengaja tercipta adalah kombinasi antara hujan dan jalan yang basah karenanya.

Hujan.



Hujan juga salah satu hal yang aku suka. Kenapa kalau bilang suka hujan terdengar klise ya. Mungkin karena orang akan bilang "walaupun lo suka hujan tapi pasti kalau hujan lo pake payung atau neduh kan." Padahal sebenernya pengen banget loh mandi hujan. Inget dulu waktu masih kecil, sering mandi hujan kalau hujannya besar (kalau hujannya kecil malah ngga boleh, bikin sakit katanya) padahal cuma mandi hujan didepan rumah sama ade-ade doang tapi rasanya bahagia banget karena boleh main hujan-hujanan. Masa kecil emang masa-masa paling indah. Sekarang mau main hujan-hujanan malu soalnya ngga ada temennya. Btw, guys kalau ada yang mau main hujan-hujanan lagi sambil flashback masa kecil just call me maybe. Wkwk.

Tapi serius hujan itu indah. Hujan itu turun sebagai rahmat dan hujan itu turun dengan membawa berbagai kenangan. Apa kenangan yang kalian ingat ketika hujan turun? Kenangan indahkah atau buruk?

Menurutku segala filosofi tentang hujan seperti yang ada di tumblr-tumblr atau kutipan-kutipan puisi itu bukan sekedar filosofi. Tapi memang itulah hujan dengan keindahan dan berbagai kenangan yang ikut hadir bersamanya.

Sementara jalanan yang basah itu. Ah sungguh. Itu keindahan lain yang tercipta karena turunnya hujan. Masih bingung bagaimana menjelaskannya dengan kata-kata yang pasti jalanan yang basah karena hujan itu adalah hal yang indah menurut Nida (selain langit dan awan tentu saja).


Kembali ke kalimat di awal tulisan ini. Hal yang bisa bikin hati tenang itu bisa datang dari mana saja. Ngga perlu susah-susah dan jauh-jauh nyari. Karena mungkin selama ini hal itu sebenarnya ada disekitar kita tanpa kita sadari.

"Dan jalanan tidak pernah menyalahkan hujan yang jatuh membasahinya. Sama seperti hati yang tak pernah menyalahkan "cinta" ketika ia jatuh cinta."

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook