Thoughts about 20's

Juni 03, 2017






Rasanya baru kemarin kepala gue bocor pas naik njot-njotan di TK. Rasanya baru kemarin gue ngeliat salah satu temen yang ngompol pas hari pertama masuk SD. Baru kemarin gue ngerasain MOS di SMP, baru kemarin gue memperkenalkan diri sebagai murid pindahan disebuah kelas di SMA. Dan yang terakhir rasanya baru kemarin gue daftar ulang sebagai mahasiswa IPB.



Time flew so fast.



Ngga kerasa tepat 21 Mei kemarin umur gue udah genap 20 tahun aja. Ngga percaya? Sama kok gue juga ngga percaya kalau gue udah 20 tahun.

 



Bertambahnya umur tahun ini rasanya beda banget sama bertambahnya umur di tahun-tahun sebelumnya. Kalau dulu biasanya cukup excited denga hari “ulang tahun” tapi tahun ini kenapa rasanya  ngga mau ulang tahun ya?

Bukan maksudnya ngga mensyukuri nikmat umur yang udah Allah kasih. Alhamdulillah nida bersyukur banget malah masih dikasih nikmat sampai detik ini. Tapi 20 tahun? Maasya Allah nida udah tua ya ternyata hehe.





Sebenernya bukan ngga mau sih tapi lebih ngerasa belum siap aja untuk bertambah umur. Apalagi 20 tahun. Mungkin ada yang bilang umur 20 tahun itu baru awal untuk memulai hidup yang sebenarnya. Tapi buat gue 20 tahun ini justru jadi reminder banget buat diri sendiri bahwa selama 20 tahun ini apa aja yang udah lo lakukan nid? Adakah pencapaian yang udah goal selama ini? Sudahkah lo bermanfaat buat orang lain? Dan yang paling terpenting udah sejauh mana persiapan menghadap-Nya sementara sisa umur semakin berkurang?



Itulah pertanyaan yang muncul ketika mengingat kalau gue udah 20 tahun sekarang. Pertanyaan-pertanyaan itu menyadarkan gue kalau gue ini masih belum apa-apa. Gue suka iri sama orang yang di usia muda udah bisa menghasilkan sesuatu even itu hal yang kecil. Gue iri banget ngeliat orang-orang seusia gue udah berhasil mewujudkan berbagai cita-citanya. Kenapa gue ngga bisa kayak mereka?



Mungkin karena gue belum dewasa” pikir gue.



Yap gue mengakui kalau gue masih belum dewasa terutama dari segi sikap. Kadang gue ngerasa kalau ade gue yang pertama, Fauzan, lebih dewasa dari gue. Mungkin pengaruh dari bacaan juga kali ya. Fauzan dari SD bacaannya udah berat. Buku-buku ilmu pengetahuan, agama, bahkan politik. Beda sama gue yang doyannya baca novel dari dulu makanya hobinya ngayal. Tapi masih mending sih daripada ade gue yang terakhir, Piya, sukanya cuma komik Naruto.





20 tahun juga menyadarkan gue kalau mulai saat ini dan kedepannya tanggung jawab gue akan lebih banyak dan besar. Karena sikap gue yang masih childish dan bawaannya masih kepengen main main pikiran tentang tanggung jawab itu jadi perihal yang membuat gue ngga mau beranjak dari usia belasan. Gue jadi ngerti sekarang kenapa orang-orang yang udah menginjak usia puluhan tahun suka malu kalau ditanya umur atau mereka akan bilang umur mereka masih belasan tahun. Karena being old is not easy. Masalah yang akan datang ketika kalian udah dewasa adalah masalah yang sebenarnya. Kalau  saat masih sekolah mungkin masalah yang dihadapi cuma sekedar masalah dengan teman segeng, cinta monyet ala ala, atau nilai sekolah. Believe me, semua itu ngga seberapa dibanding masalah ketika udah lebih dewasa nanti. Ya walaupun ada juga beberapa anak yang punya masalah keluarga ketika masih sekolah tapi tetep pasti  pikiran orangtuanya yang lebih pusing saat itu. So, buat kalian yang masih di usia sekolah, nikmatilah masa-masa being teenager kalian karena masa-masa itu adalah masa terindah dimana beban, tanggung jawab dan masalah yang ada masih ringan.





Mau ngga mau. Siap ngga siap. Faktanya gue udah 20 tahun sekarang. Harus dijalani karena merupakan fase kehidupan dan sangat harus disyukuri karena merupakan nikmat dari Allah. Ya memang benar dengan bertambahnya umur berarti berkurang jatah hidup di dunia yang fana ini. Tapi dengan bertambahnya umur juga berarti Allah yang Maha Baik masih ngasih kita kesempatan untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita dan yang paling penting dan perlu diingat, Allah berarti ngasih kita kesempatan untuk memperbaiki diri dan lebih banyak beramal. Agar ketika Allah memanggil kita nanti setidaknya bekal amal tersebut cukup untuk mengantarkan kita ke surga-Nya. Aamiin.



Intinya walaupun ada rasa ngga siap dan takut karena akan menghadapi “real life” gue mau tetap menjalani hidup ini dengan positif. Jadi orang yang bermanfaat buat orang lain dan bisa sesegera mungkin mewujudkan impian-impian gue yang banyak itu.

Aamiin.





Oya satu lagi. Semoga gue juga bisa lebih dewasa yaaa :')













Thanks Allah I’m 20 :)



*postingan kali ini pakai "gue" karena udah 20 tahun*


*gak deng. lagi pengen aja ngomong "gue"



Wkwkwk.


You Might Also Like

3 komentar

  1. Eeh, selamat menua ya nid! Semoga tetap menginspirasi :)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Like us on Facebook