Aplikasi Edit Foto Favorit

Januari 13, 2019





 1. VSCO



Aplikasi edit foto favorit aku yang pertama adalah vsco. Aku udah suka pakai ini dari dulu karena hasil edit fotonya baguusss. Biasanya aku sering pakai vsco untuk atur exposure, contrast, saturation, white balance, dan kasih efek fade di foto. Filter yang ada di vsco juga bagus - bagus banget. Kalau kalian mau filter yang lebih banyak dan beragam kalian bisa pakai VSCO X yang berbayar. Tapi sampai sekarang sih aku masih pakai yang gratisan hehe karena filter gratisan yang disediakan pun lumayan banyak dan ngga kalah oke. Ngomongin filter, menurut kesotoyan aku hampir semua filter vsco itu punya tone yang strong. Nah kalau kalian fotonya di tempat yang pencahayaanya kurang saran aku sebelum pakai filter vsco coba kalian naikin dulu exposurenya supaya fotonya ngga terlalu gelap atau kalian juga bisa langsung atur intensitas filternya agar lebih soft. Dan kalau fotonya udah bagus menurut aku sih minimalkan pemakaian filternya dan mainin aja pengaturan cahaya sama warnanya.


2. Foodie



Foodie ini sebetulnya aplikasi foto dan video tapi bisa juga dipakai untuk edit foto. Sesuai namanya, aku paling sering pakai foodie buat edit foto makanan atau minuman. Pokoknya kalau mau edit foto makanan atau minuman pasti aplikasi pertama yang aku cobain foodie. Filter yang ada di foodie ini lebih banyak dari vsco dan GRATIS jadi lebih enak hehe. Kalau vsco tone filternya itu cukup strong nah kalau foodie ini lebih soft sih menurut aku. Ada juga sih beberapa filter yang tonenya strong dan cenderung bikin foto jadi lebih gelap tapi kebanyakan filter di foodie ini cerah - cerah dan fresh gitu cocok lah buat foto makanan dan minuman. Untuk beberapa efek yang terlalu terang bisa diminimalkan intensitasnya supaya ngga bikin sakit mata. Foodie juga menyediakan fitur exposure, contrast, dan saturation yang hampir sama kayak vsco tambahannya ada fitur blur yang bisa kalian pakai kalau mau bikin foto yang fokus di objek dan blur di sekitarnya. Oya btw foodie ini ngga selalu dipakai untuk edit foto makanan atau minuman ya aku juga sering pakai foodie untuk edit foto lain terutama kalau mau bikin feeds ig cerah.


3. Picsart



Picsart ini aplikasi edit foto yang fiturnya lengkap banget menurut aku tapi aku lebih sering pakai picsart untuk desain. Kalau edit foto aku sering pakai picsart untuk kasih grid foto karena di picsart bisa diatur besar kecil grid yang kita mau. Aku juga suka pakai picsart untuk crop objek foto karena hasilnya lumayan rapih, terus kalau mau nambahin teks, picsart punya fitur teks yang keren loh. Fitur framenya juga lumayan oke tapi sayangnya terbatas kalau free. Untuk filter yang ada di picsart ini juga banyak sayangnya filternya b aja menurutku jadi jarang aku pakai. Padahal filter efeknya beragam banget dan yang keren ada filter efek namanya Magis yang bisa edit foto kita jadi kaya gambar atau lukisan gitu tapi karena belum sesuai sama kebutuhan foto editing aku jadi masih jarang tersentuh sama aku. Kadang aku suka pakai untuk bereksperimen aja sih filter - filternya. Dan menurut aku aplikasi picsart ini cocok buat kalian yang mau belajar desain atau edit foto sebelum pakai aplikasi yang pro karena fiturnya lengkap banget dan cukup gampang dipahami buat pemula.


4. Meitu



Paraaah aku suka banget sama ini. Aplikasi meitu ini lumayan lengkap karena cukup banyak fiturnya. Yang paling bikin aku suka sebenernya adalah fitur framenya yang banyak dan gemesh - gemesh semua tolong. Sampai suka pusing akutu mau pakai frame yang mana saking banyak dan lucu semua. Dan karena bagus semua, jadi aku ngga bisa untuk ngga download semua framenya dong :( (lemah sama hal - hal yang begini). Bukan cuma framenya aja btw fitur lainnya juga oke kayak kolase, fitur percantik, dan ada fitur Otomatis kayak mode foto di kamera. Walaupun modenya ngga banyak tapi lumayan lah. Oya fitur blur yang ada di meitu juga oke banget buat dicoba karena bisa otomatis fokusin objek foto dan blur-in sekitarnya. Untuk filter ada banyak banget juga tapi monmaap nih yang aku suka cuma sedikit hehe jadi aku ngga terlalu sering pakai. Kalau kalian mau foto kalian cute gemesh ala - ala wajib banget coba meitu ya. So recommended apalagi semua fiturnya GRATIS pulak. Tinggal siapin kartu memori yang spacenya besar untuk download semua fiturnya. Beuh.


5. Snow


Awalnya aku ngga tau snow itu termasuk aplikasi edit foto atau cuma aplikasi foto dan video aja. Tapi ternyata bisa edit foto juga di snow. Yeay! Aku suka snow karena fitur fotonya itu banyaaak banget. Salah satu fitur yang aku suka yaitu fitur motion stickernya yang keren - keren dan lucu. Hampir aku download semua juga motion stickernya cuma memori hp ngga kuat cuy wkwk. Nah kekurangannya kalau kita edit foto di snow terus pakai fitur motion stickernya kadang suka ngga pas gitu sama foto dan fotonya ngga bisa digeser ke kanan kiri atas bawah gituloh jadi ngga bisa ngepasin. Kalau mau, kita harus langsung foto pakai kamera snownya untuk bisa ngepasin sama motion sticker yang mau dipakai. Kalau pakai kamera hp dan kita edit ternyata ngga pas, solusinya cari motion sticker lain yang pas hehe. Karena snow ini aplikasi foto juga jadi filternya banyak banget dan bagus - bagus tapi menurut aku filternya lebih cocok buat selfie karena efek kameranya yang nipu hahaha. Terus di snow ini sekarang ada fitur Makeup kayak Makeup+ jadi kalian bisa edit foto kayak pakai make up walaupun kalian fotonya bare face. Canggih kan. Fitur lainnya sama kayak di aplikasi edit foto pada umumnya sih ada exposure, contrast, saturation, dll. Tapi tetep favorit aku di snow yaitu motion stickernya hehe.




Oke, itu dia top 5 aplikasi edit foto favorit aku. Sebetulnya ada beberapa aplikasi lain sih tapi aku juga lihat dari kelengkapan fitur dan hasil edit yang paling aku suka. Mostly foto - foto aku di instagram pun aku edit pakai 5 aplikasi di atas.


Perlu diingat juga ya kalau ada foto yang perlu banyak editan, ada foto yang perlu di edit tapi sedikit aja, atau bahkan ngga perlu di edit sama sekali. Semuanya tergantung kebutuhan dan foto seperti apa yang mau ditampilkan. Dan selera masing - masing orang dalam mengedit foto juga bisa beda - beda.
Kalau buat aku edit foto tuh nomor dua, yang pertama paling penting yaitu saat ambil fotonya. Usahain ambil foto sebagus mungkin dari mulai pencahayaan, background, angle foto, dan hal - hal lain yang perlu diperhatikan. Nah kalau udah merhatiin semua hal itu saat ambil foto, selanjutnya tinggal diresapi aja fotonya perlu proses edit atau ngga.


Gitu sih menurut ilmu kesotoyan gue.


Sebelum semakin sotoy mari kita tutup tulisan ini dengan Hamdallah karena Nida bisa nulis di blog lagi dan ini adalah postingan pertama di tahun 2019. Semoga kedepannya blog ini........ *mengulang doa di tahun - tahun sebelumnya untuk blog ini*










  

You Might Also Like

2 komentar

Like us on Facebook