Tips skincare untuk pemula

Januari 30, 2018







Disclaimer: I’m not beauty expert nor dermatologist. I just want to share based on what I read from internet and my experience as well. So, kalau ada yang salah mohon maaf dan mohon koreksinya. Thankyou!



Alhamdulillah… setelah melewati beberapa ujian dunia tentu saja, akhirnya gue punya waktu juga untuk memulai dan menyelesaikan postingan kedua tentang skincare ini. Jadi di postingan kali ini I’ll share sedikit tips buat teman-teman yang baru mau mencoba memulai  skincare routine. So, let’s check this out!
 
                Pertama, yang paling penting sebelum memulai skincare routine adalah kamu harus banget tau tipe jenis kulit kamu itu apa. Ini penting banget karena kalau kamu pakai produk skincare yang salah untuk kulit kamu, bisa jadi kulit kamu malah bermasalah. Sebenernya kita sendiri harusnya udah tau ya jenis kulit kita itu seperti apa tapi mungkin ada juga yang masih bingung apalagi kalau jenis kulitnya itu kombinasi. Nah untuk yang masih bingung tipe jenis kulitnya apa, sila ditonton video dibawah ini untuk bantu mengetahui jenis kulit kamu.



                Kedua, setelah mengetahui jenis kulit kamu apa kamu bisa mulai beli produk skincare yang sesuai untuk jenis kulit yang kamu punya.  Kamu bisa browsing di internet produk skincare apa aja yang cocok untuk jenis kulit normal, kering, berminyak, atau kombinasi. Kalau udah ketemu produknya, kamu juga bisa cari review tentang produk tersebut supaya kamu tau  how’s the product work berdasarkan review dari orang-orang.

                Ketiga, nah sekarang tinggal penerapannya nih. Namanya juga skincare routine, udah pasti pemakainnya harus rutin minimal banget sehari sekali. Kalau pakainya males jangan harap ada perubahan yang lebih baik sama kulit wajah kamu. So, kamu harus pastiin kulit kamu terawat setiap harinya.



Oke itu tadi 3 tips untuk yang baru mau memulai skincare routine. Sekarang gue mau sharing produk skincare apa aja yang penting dan harus dipakai untuk yang baru memulai skincare routine.


1.    1. Cleanser/Pembersih Wajah

Step pertama untuk memulai skincare adalah pembersih wajah. Kenapa? Karena setelah beraktivitas seharian pasti banyak kotoran dan debu yang nempel di wajah apalagi buat yang setiap hari pakai make up, kotoran, debu, minyak (for oily skin) akan bercampur sama make up yang kamu pakai. Kebayang ngga kalau semua itu ngga kamu bersihin dulu dari wajah kamu? Wah bahaya deh. Jadi sebelum mencuci wajah wajib banget ya guys bersihin dulu pakai cleanser. Jenis cleanser itu beragam, ada cleansing oil, cleansing milk, atau micellar water.

2.    2. Facial Wash/Sabun Cuci Wajah

Setelah wajah kamu dibersihin sama cleanser, lanjut deh mencuci wajah. Mencuci wajah juga merupakan step skincare yang sangat penting selain menyegarkan wajah kita, mencuci wajah juga berfungsi mengangkat sisa-sisa kotoran dan make up yang belum terangkat sama cleanser tadi. Jangan lupa juga untuk pakai sabun cuci wajah yang sesuai sama jenis kulit kamu ya .

3.    3. Toner

Banyak yang menyepelekan pemakaian toner padahal toner sangat bermanfaat loh untuk kulit wajah. Selain memberikan efek segar pada kulit wajah tentunya, toner membantu menstabilkan pH wajah. Setelah kita mencuci wajah, pH wajah kita bisa jadi ngga stabil karena kandungan facial wash atau tingkat keasaman air yang kita gunakan untuk mencuci wajah. Jadi penggunaan toner itu sangat penting setelah mencuci wajah. Selain itu toner bermanfaat mengecilkan pori-pori dan membantu penyerapan produk skincare lain yang akan kita gunakan menjadi lebih baik.

4.    4. Moisturizer/Pelembab

Manfaat moisturizer atau pelembab ini sudah pasti untuk melembabkan wajah. Pelembab sangat penting untuk kamu yang mempunyai jenis kulit kering. Tapi untuk yang jenis kulitnya berminyak bukan berarti ngga butuh pelembab ya, karena pelembab juga berfungsi untuk melindungi kulit wajah dari make up yang kita pakai.

5.    5. Sunscreen/Sun Protection

Pemakaian sunscreen/sun protection juga sangat penting apalagi kita tinggal di negara tropis yang panas mataharinya ngga main-main kalau musim panas. Ngga usah malu dibilang takut hitam kalau pakai sunscreen karena memang kulit kita butuh perlindungan dari sinar UV. Selain warna kulit akan menjadi lebih gelap, kulit kita akan mengalami penuaan dini dan ancaman kanker kulit jika kita tidak memakai sunscreen/sun protection.



Terus gimana kalau kita udah pakai semua produk skincare itu secara rutin tapi wajah kita masih keliatan ngga sehat, kusam, masih banyak komedo atau masih sering muncul jerawat?


Perlu diingat lagi nih teman-teman kalau skincare itu kan hasilnya ngga instant. Jadi kalau baru pakai beberapa hari belum terlihat hasilnya ya wajar. Coba ditunggu dulu sampai seminggu atau mungkin sebulan. Kalau dalam beberapa bulan masih belum terlihat perbedaan bahkan malah timbul masalah kamu bisa stop pemakaian dan ganti produk lain. Selain itu, bisa jadi produk skincare yang kamu pakai ngga bekerja dengan baik karena ada faktor lain yang mempengaruhi kulit kamu, seperti:



1.   Makanan yang tidak sehat

Apa yang masuk ke tubuh kita itu sangat berpengaruh untuk kulit kita. Jadi walaupun skincare routine kamu udah bener tapi makanan kamu belum bener jangan salahkan skincarenya ya. Kurangi junk food dan perbanyak makan buah dan sayur.

2.   Kurang minum air putih

Kurangnya konsumsi air putih akan membuat wajah kamu terlihat kusam. Karena air putih membantu menjaga kelembaban kulit dan membuat kulit terhidrasi dengan baik. Paksain minimal minum air putih 8 gelas sehari ya.

3.   Stress

Faktor pikiran juga dapat memicu kesehatan kulit. Misalnya muncul jerawat karena hormone stress. Selain itu kulit juga bisa terlihat kusam karena stress.

4.   Kurang tidur

Banyak yang mengira begadang tidak akan mempengaruhi kesehatan kulit, padahal sangat berpengaruh loh. Waktu tidur adalah waktu dimana sel-sel tubuh kita mengalami proses perbaikan dengan mengeluarkan toksin yang ada dalam tubuh. Nah jika kita kurang tidur proses perbaikan dan pengeluaran toksin dalam tubuh kita akan kurang sehingga menyebabkan kulit terlihat tidak sehat.



Nah itu tadi beberapa faktor yang mempengaruhi kesehatan kulit kita. Jujur, guepun masih sangat berusaha untuk menghindari faktor-faktor tersebut apalagi makanan yang tidak sehat, begadang, dan stress. I know it must be hard but if we really try and get used it, I’m sure we can do it!




Semoga tips kali ini bermanfaat ya daaaaannnn selamat mencoba! :)






You Might Also Like

2 komentar

  1. Hai salam kenal. Kalau boleh tau jenis kulit, skincare apa yang dipake mba dan gimana perubahannya? Sukses terus blognya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba liya terimakasih udah mampir ke blog aku :) jenis kulit aku itu berminyak dan untuk skincare yang aku pake insyaa Allah aku akan buat postingan lagi tentang itu ditunggu aja ya:) perubahan yg aku rasain setelah mulai skincare, aku ngerasa kulit aku lebih sehat dan terawat sih walaupun jerawat masih suka muncul tapi ngga separah sebelumnya. Untuk lebih lengkapnya tentang perubahan yg aku rasain setelah mulai skincare silakan liat di postingan aku sebelumnya yg How I Start My Skin Care ya. Sukses juga untuk mbanya :)

      Hapus

Like us on Facebook