Cerita Salah Jurusan

Oktober 25, 2017



Semua yang terjadi dalam kehidupan ini ngga bisa selalu sesuai sama keinginan kita. We may made plan A until Z but we have Allah yang udah menentukan takdir setiap manusia bahkan dari sebelum manusia itu lahir ke bumi. Kehidupan gue pun sama kaya manusia lain, apa yang gue pengen ngga selamanya bisa terwujud. Tapi lama kelamaan gue mulai belajar dan sadar kalau apa yang Allah udah takdirkan untuk kita itu adalah yang terbaik untuk kita menurut Allah.


So, kenapa title postingan ini “cerita salah jurusan”? Apa karena gue salah jurusan? Ya bisa dibilang begitu. Hehe.


Ketika kelas 3 SMA, gue punya almamater impian. Sama kaya temen-temen gue dan anak-anak kelas 3 SMA lainnya yang emang berencana buat kuliah. Gue pun sudah berusaha semaksimal mungkin belajar, les, ikut TO sana sini supaya lolos SBMPTN dan keterima di almamater impian dengan jurusan yang gue mau. Tapi ternyata hasil dari usaha yang udah gue anggap maksimal itu ngga sesuai dengan harapan.
Alhamdulillah Allah Maha Baik, gue masih tetep bisa kuliah di salah satu universitas negeri yang ngga kalah bagus sebenernya dari univeritas impian gue itu, walaupun masuk ke jurusan yang ngga terlalu gue minati.



Sampai sini kalian pasti bertanya-tanya, kalau gue ngga minat sama jurusannya, kenapa gue milih jurusan itu? Jawabannya ya karena jurusan lain di universitas yang sekarang jadi kampus gue ini ngga ada yang bener-bener gue minati. Intinya ya gue bisa kuliah disini karena gue cuma keterimanya disini. Wkwk.



Tahun pertama kuliah di jurusan yang sebenernya ngga gue suka, rasanya hm.. boong sih kalau gue bilang fun fun aja. Karena kenyataannya gue merasa berat bahkan sempet merasa paling bodoh sendiri karena gue ngga ngerti apa-apa. Mungkin gue ngga ngerti apa-apa juga karena faktor diri sendiri juga yang emang jadi malas belajar dan susahnya ngumpulin mood buat ngerjain tugas. Keadaan itu makin diperparah dengan gue yang selalu bersembunyi dibalik statement "salah jurusan" ketika malas dan ngga mood itu datang.
Bukannya ngga pernah berpikir buat keluar dan pindah jurusan, gue pernah kok mau nyoba ikut sbm lagi, tapi karena orangtua ngga ngizinin ya gue bisa apa. Kalau gue maksa ikut dan keterima tapi ternyata orangtua ngga bisa untuk biayain gue kuliah lagi, itu bakal lebih nyesek sih. Akhirnya gue nurut untuk ngga ikut sbm lagi. Saat itu gue sadar, cuma ada 2 pilihan sekarang  bertahan atau berhenti.



Dan pilihan gue adalah bertahan.



Alasan gue bertahan bahkan sampai detik ini adalah orangtua. Ya karena gue ngga mau ngecewain mereka. Gue pun mulai mengumpulkan semangat untuk tetap survive di jurusan ini even gue merasa itu sulit. Niat gue nurut dan ngga mau ngecewain orangtua adalah niat yang baik, pasti Allah akan bantu. Gue yakin aja kaya gitu.



Emang sih yang kuliah itu kita. Yang ngejalanin dan ngerasain itu kita. Tapi karena gue juga kuliah masih pakai uang orangtua, apa salahnya kalau gue nurut apa kata mereka? Kecuali kalau ada dari kita yang kuliah pakai biaya sendiri, it’s okay. Mungkin orangtua juga ngga akan terlalu ikut campur karena toh kuliah pakai biaya sendiri. Tapi untuk yang masih dibiayain sama orangtua kaya gue gini, ngga ada salahnya kalau kita lebih nurut sama mereka dibanding egois nurutin keinginan sendiri. Lagipula kita ngga tau kapan lagi kita bisa membahagiakan orangtua kita selama orangtua kita masih ada.



Toh masalah salah jurusan ini hanya masalah dunia sebenernya. Banyak juga orang yang sekolah di bidang apa tapi kerjanya apa, terutama di Indonesia ini. I mean, salah jurusan ngga haram, dosa, dan bikin lo masuk neraka. Kecuali kalau lo salah jurusan, terus frustasi akhirnya bunuh diri. Itu beda lagi ceritanya. Intinya sih, ini cuma urusan dunia. Dan kalau kita ngejar dunia itu emang ngga akan ada abisnya. Tujuan lo kuliah buat apa sih? Dapet kerja, bisa meniti karier, ujung-ujungnya akan ngejar jabatan dan harta. Ya ngga sih? Padahal harta dan jabatan itu ngga akan dibawa sampe akhirat.


Buat yang udah terlanjur salah jurusan kaya gue, cobalah buat selalu cari dan liat hal positif dari kejadian ini. Hal positif yang gue dapet dari salah jurusannya gue ini justru adalah lingkungan dan teman-teman yang sekarang gue punya. Menurut gue, lingkungan kampus gue saat ini emang tempat disinilah seharusnya gue berada. Lingkungan yang menjaga dan mengajarkan banyak hal. Dan gue nyaman berada di lingkungan ini. Begitupun teman-teman yang gue dapet disini. Merekalah yang bikin gue semangat berangkat ke kampus, mereka yang menguatkan gue dan bisa menerima gue apa adanya. Temen-temen yang belum tentu bisa gue temuin di universitas impian gue dulu. They’re the best thing I ever had.


Dari dua hal positif itu aja udah seharusnya sih gue bersyukur banget. Belum lagi kesempatan masih bisa kuliah dimana ngga semua orang punya kesempatan yang sama.



Kuliah di almamater impian dengan jurusan yang kita minati dan bisa kerja sesuai dengan bidang yang udah kita pelajari. Siapa sih yang ngga mau? Tapi apa semua yang kita mau itu adalah yang terbaik buat kita? Hm jawabannya belum tentu kok. Memang akan lebih baik dan lebih enak kalau kita kuliah di jurusan yang kita sukai. Tapi balik lagi ke kalimat di awal postingan ini kalau hidup ngga bisa selalu sesuai sama keinginan kita. Karena terkadang kitalah yang harus menyesuaikan diri dengan kenyataan.




Soooo, jalanin aja :) 
SEMANGAT!!!

You Might Also Like

2 komentar

  1. Semangat nid.

    Mungkin emang bener sih kalo kuliah ga sesuai jurusan yang ada cuma beban. Tapi bagus tuh nid melihat dari sudut pandang berbeda. Mennyesuaikan dan selalu bersyukur intinya.

    Semoga dijadikan manusia yang ikhlas ya meski hidup kadang tak sesuai harapan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Insyaa Allah semangat terus kok :) Makasih asep! Maksih juga udah selalu baca tulisan gue disini wkwk

      Hapus

Like us on Facebook